Membuat Blog Di Blogger

April 05, 2009

Logo Blogger.jpgPostingan kali ini saya hanya bercerita sedikit sambil berbagi pengalaman saat pertama kali membuat blog. Awalnya mau membuat blog di Wordpress. Tapi karena saya kurang mengerti dengan Wordpress, maka saya beralih ke Blogger. Yah lumayan bingung pas awal-awal punya blog. mau diisi apa ya? :t :t. Karena saya tak punya bakat apa pun yang bisa dibagi atau diceritakan di blog. Tapi akhirnya saya putuskan untuk ikut arus dan melihat ke mana arahnya nanti. Oke, biar 'ga ngelantur kesana-kemari, kita langsung aja ya ke bagian "Membuat Blog Di Blogger".

Ada dua hal penting yang harus sobat persiapkan untuk membuat sebuah blog yang baik di Blogger. Hal pertama yang anda butuhkan untuk membuat blog adalah niat. Kalo kita 'ga punya niat bagaimana kita bisa bikin blog dan ngeblog. ya 'kan!. Lalu yang kedua adalah sebuah account di Google, bisa dari Gmail, Google Groups, Atau Orkut. Saya sarankan sobat untuk memiliki account di Gmail karena untuk kedepannya kita bisa lebih mudah, entah itu untuk menambahkan adsense (iklan google) atau yang lainya. Nah jika belum punya baca dulu artikel membuat account di Gmail. Oke kita asumsikan sobat sudah punya account di Google. Saatnya masuk ke langkah-langkah membuat blog. Siapkan mental anda karena kita akan memasuki dunia yang berbeda dan jangan sampai anda tersesat di dalamnya. Ayo pegang tangan saya dan ikuti langkah saya. Let's Go Buddy! :$ :$

  1. Pertama masuk dulu ke halaman utama Blogger di <http://www.blogger.com>. Lalu sobat akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini.

    Blogger Home.png
    Ingat ganti dulu bahasanya pake Bahasa Indonesia. Biar gampang dicerna. Tapi kalo sobat sudah ngerti Bahasa Inggris ya biarin aja. Lalu klik tanda panah warna orange itu.
  2. Habis itu bakal muncul halaman Step 1. 'Ntar tampilannya kayak gini.

    Step 1.png
    Nah mulai dah isi dengan account sobat. Ingat disinya dengan benar ya. Biar semuanya berjalan lancar.
    • Alamat E-mail : isi dengan alamat e-mai yang sudah subat miliki. Misalnya punya saya <bliyanbayem@gmail.com>
    • Ketik Ulang Alamat E-mail : samakan dengan yang di atas
    • Masukan Sebuah Password : isi dengan password sobat sendiri ya. Jangan minta ke saya! heheheheh..... :D :D
    • Nama Tampilan : maksudnya nama yang bakal terlihat di setiap postingan/artikel kita. Biasanya akan seperti ini "posted by bla, bla bla" atau "diposkan oleh bla, bla, bla"
    • Verifikasi Kata : isikan kata yang berwarna itu di kotak di bawahnya. Sesuaikan hurufnya kalo huruf besar tulis dengan huruf besar. Kalo huruf kecil tulis dengan huruf kecil.
    • Penerimaan Pernyataan : centang aja kotaknya

    Nah kalo sudah selesai mengisinya klik tanda panah orenge itu lagi
  3. Lalu masuk ke langkah berikutnya. Step 2.a Menentukan Judul Blog.

    Step 2.a.png
    Lalu isi deh judul blog sobat dan alamat URL yang akan dipakai. Misalnya kalo punya saya judulnya "bliyanbayem" terus URL-nya <http://bliyanbayem.blogspot.com>. Lalu seperti biasa klik lagi panah warna orenge itu
  4. Sobat akan dibawa kehalaman berikutnya. Saatnya memilih template yang bakal digunakan. Saran saya pilih template minima saja. Alasannya template ini lebih mudah diutak-atik, ditambahkan, atau dikurangi. Jadi kalo besok-besok sobat mau mengubah-ubah sedikit kode HTML-nya 'ga bakal ribet deh. Kalo sudah memilih template, klik lagi panah orange itu
  5. Step 2.b.png
  6. Selamat sekarang sobat sudah punya blog. Pusing mau posting apa untuk pertama kali? Copy aja artikel saya ini ke postingan sobat. Saya beri ijin seluas-luasnya. Mau copy paste berapa kali pun saya ijinin. Itung-itung bantu sobat dan tambah-tambah pahala. heheheheh..... :z :z

    Step 3.png
    Lalu klik panah orange itu untuk yang terakhir kalinya.

Oke karena blog sobat telah jadi sekarang sobat jelajahi sendiri isinya ya. Saya hanya bisa mengantar sampai di sini. Karena saya mesti cepat-cepat pulang. Sudah kelamaan saya ngenet. Takut 'ntar emak marah. Yang penting jangan takut untuk mencoba. Semoga sukses!(*bb/blg)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

0 comments:

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.