Membuat Recent Commets Dengan Javascript

Mei 08, 2009

Ketika ada pembaca yang meninggalkan komentar pada artikel kita, tentunya kita ingin tahu siapa pembaca itu. Hal ini tidak masalah jika komentar yang ditinggalkan pada artikel yang terbaru. Tapi bagaimana jika yang berkomentar itu pada artikel yang sudah lama dan kita ingin melihat si pemberi komentar. Tentunya kita tidak tahu bahwa ada yang meninggalkan komentar pada artikel kita yang lama. Nah untuk mengatasi masalah ini, kita perlu sebuah gadget yang bisa menampilkan komentar-komentar terbaru yang masuk ke blog kita. Lazimnya para blogger bilang Gadget Recent Comment. Nah untuk tips yang ini saya dapet dari blognya Mas Kendhin pada artikel menampilkan recent comments di link ini. Untuk javascriptnya juga dari sana. Berikut langkah-langkahnya...

  1. Untuk memasang gadget ini di sidebar (Untuk penjelasan mengenai sidebar dan bagian-bagian template blogger lainnya bisa dibaca pada artikel mengenal bagian template blogger di link ini) maka sobat harus login dulu ke blogger.
  2. Kemudian klik pilihan Layout lalu pilih Add a Gadget.
  3. Setelah itu pilih HTML/JavaScript.
  4. Lalu copy script berikut

    <script style="text/javascript" src="http://koyuki.fileave.com/recent%20comment.js"></script><script style="text/javascript">var a_rc=5;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=40;</script><script src="http://bliyanbayem.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

    dan paste di kotak Contens.
  5. Lalu untuk tulisan yang berwarna biru, ganti dengan alamat url blog sobat. Terus angka 5 berwarna merah merupakan jumlah komentar yang ditampilkan pada gadget. Bisa sobat rubah sesuai kebutuhan.
  6. Untuk title atau nama gadget terserah sobat sendiri.
  7. Nah, kalo sudah tinggal di save.

Oke itu sedikit dari saya. Sekalian terima kasih buat Mas Kendhin untuk tips dan scriptnya. Selamat Mencoba!(*bb/blgs)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

0 comments:

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.