Membuat Horizontal Navbar Menu

Juni 20, 2009

Oke karena saya tak ada ide untuk bahan postingan jadi saya posting artikel mengenai navbar menu ini saja. Navbar atau navigasi bar sangat dibutuhkan dalam suatu blog, web, forum, dan sejenisnya untuk mempermudah para pembaca. Seperti yang anda lihat tepat di bawah header ada menu navigasi dengan tampilan horizontal. Kalo saya menyebutnya "Horizontal Navbar Menu". Awalnya saya memasang ini untuk mempermudah para pembaca untuk 'bergerilya' di blog bliyanbayem. Lalu bagaimana cara memasangnya?

horizontal navbar menu
Oke kali ini saya hanya akan menjelaskan sedikit mengenai cara memasang "Horizontal Navbar Menu". Karena aslinya tips ini saya dapatkan dari blognya Mas OB. Awalnya saya mencari tips-tips tentang ini di 'mbah Google'. Beberapa tips sudah sempat saya aplikasikan. Tapi agak kurang puas rasanya. Nah pas ketemu tipsnya di blog Mas OB tentang membuat menu horizontal saya baru merasa pas seperti yang saya cari (Thx mas buat tipsnya).

Nah kalau sobat mau pasang menu horizontal seperti itu, bisa langsung baca dari sumbernya. Bukan karena saya malas menjelaskan atau tidak mau membagi ilmu, tapi karena saya ingin menghormati yang punya tips. Jangan sampi ada kesan seolah-olah sayalah yang punya tips. Kali ini saya hanya ingin memberi beberapa saran sebelum sobat sekalian memasang menu horizontal tersebut.

Oke, kita langsung saja ya! nah pertama yang anda perlukan adalah tentunya sebuah blog. Bagaimana, anda sudah punya blog 'kan? kalo belum punya, silakan baca tips membuat blog di blogger berikut terlebih dahulu (bagi sobat yang sudah punya blog, silakan baca paragraf berikutnya). Oke, saya asumsikan anda telah membaca tipsnya dan sukses membuat blog anda sendiri. Lanjut, sekarang setelah punya blog siap untuk mengisinya dengan menu horizontal. Sobat yang baru punya blog bisa langsung ke tipsnya. Untuk isi menunya bisa diisi belakangan.

Sobat yang sudah punya blog dan siap untuk memasang "Horizontal Navbar Menu", pertama yang anda perlu siapkan adalah 'isi menu'-nya. Sebuah menu tentu ada isinya dong! Menu-menu ini bukan seperti menu di rumah makan (Gubrak!). Menu-menu ini adalah link-link yang akan sobat taruh di "Horizontal Navbar Menu". Oke yang pertama misalnya 'Home' yaitu link halaman utama blog sobat. Misalnya kalo blog saya ini link halaman utamanya yaitu <http://bliyanbayem.blogspot.com>. Lalu kita siapkan link berikutnya. Misalnya label kategori artikel anda. Caranya tinggal klik nama label yang anda ingin di bagian bawah posting artikel anda.

label kategori.png

link-nya ada di bagian address bar pada browser anda. Misalnya pada contoh ini label "blogging" linknya adalah <http://bliyanbayem.blogspot.com/search/label/Blogging>. Begitu juga untuk label-label berikutnya. Untuk menu yang lain sobat bisa mengisinya dengan link facebook sobat, link download software, apa pun yang sobat ingin tampilkan. Terserah sobat sendiri. 'Kan yang punya blog anda. Jadi mau isi dengan link photo-photo sobat juga bisa. heheheheh.... :D :D. Nah, kalo link-linknya sudah siap, langsung deh meluncur ke bagian Membuat Menu Horizontal di sini. Dan sobat tinggal mengikutinya sesuai arahan. Niscaya berhasil dan sukses.

Oke, itu dulu dari saya. Sudah capek nih nulis dari tadi. Takut 'ntar kepanjangan, sobat jadi bosan membacanya dan malah 'ga jadi bikin "Navbar Menunya". Yah, saya mau pulang dulu. Semoga sukses!(*bb/blg)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

TYTO RELOAD mengatakan...

:?
mantep tapi.
numpang iklan : ada yang mau jualan pulsa ?

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.