System Volume Information

Juni 13, 2009

folder-icon.jpgBagi sobat yang PC atau laptopnya menggunakan Operating System Windows XP Home maupun Profesional, akan terdapat satu folder dengan nama "System Volume Information". Folder ini akan terlihat jika kita menceklist layanan untuk menampilkan Hidden File and Folder (Show Hidden File And Folder). Awal-awal saya punya PC (maklum saya baru kesampaian beli PC sekarang. Ada sudah 3 bulanan. :D :D ), saya tidak ambil pusing mengenai folder ini. Mungkin saja folder ini bagian dari windows. Tapi lama-kelamaan jadi pengen tahu juga apa sebenarnya folder ini dan kegunaannya untuk apa. Karena itu saya langsung mencari artikel-artikel yang membahas hal ini. Setelah cukup lama browsing sana-sini, akhirnya saya mendapat beberapa artikel yang cukup banyak menjelaskan hal ini. Berikut ringkasan penjelasan tentang System Volume Information.

Folder "System Volume Information" merupakan Hidden System folder (folder yang tersembunyi/sengaja disembunyikan oleh system windows) yang digunakan oleh System Restore untuk menyimpan informasi dan Restore Points. Maksudnya, ketika kita menginstal suatu program baru, maka secara otomatis windows akan menyimpan data-data restore point di folder ini. Sehingga ketika terjadi masalah setelah menginstal program baru tersebut, kita bisa menggunakan layanan restore point untuk mengembalikan windows ke kondisi sesaat sebelum kita menginstal program tersebut. Akan tetapi saat ini folder ini sering menjadi sarang virus.

Folder ini akan terdapat di setiap partisi dalam PC kita. Baik itu partisi C:, D:, dan yang lainya. Akan tetapi karena folder ini merupakan folder Hidden System (Artikel mengenai atribut file folder bisa dibaca di link ini) maka akses ke folder ini sangat terbatas meskipun kita menggunakan login administrator sekalipun. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh virus sebagai tempat untuk menyimpan duplikasinya sehingga walapun kita telah membersihkannya sampai tuntas, virus akan kembali menyerang jika kita melakukan restore. Dan walaupun antivirus mendeteksi adanya file jahat (virus, trojan, worm, dan sejenisnya) di dalam folder ini, terkadang antivirus tidak bisa menghapusnya.

Sebenarnya layanan System Restore bisa kita non-aktifkan jika tidak perlu-perlu amat. Caranya dengan mengklik Start Menu >> All Program >> Accessories >> System Tool >> System Restore >> System Restore Setting. Lalu kita menceklist pilihan "Turn off system restore for all drives".

syatem restore.jpg

Namun bila kita yakin komputer kita bebas dari virus boleh saja jika fasilitas ini tetap diaktifkan. Cuman mungkin kita perlu untuk mengatur batas pemakaian space di masing-masing drive.

Apakah ada cara untuk mengakses folder ini ?

Ya, ada beberapa cara yang berbeda tentang bagaimana cara mengakses folder ini. Yang perlu diketahui hanya windows yang digunakan (Home atau Professional) dan tipe File System ( FAT32 atau NTFS) yang bisa diketahui dengan klik kanan Drive C:, D: atau lainnya di windows explorer dan pilih Properties. Untuk cara-cara mengakses folder akan saya bahas pada artikel berikutnya.(*bb/Win)


Referensi :
  • http://ebsoft.web.id/2008/07/21/apa-itu-system-volume-information/
  • http://rudyhartadi.web.id/beranda/tips-n-triks/trik-membuka-folder-system-volume-information.html

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

xyz_blogger mengatakan...

hmm... i see... nice info

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.