Lagi, Klaim Pulau Jemur Oleh Malaysia

September 02, 2009

pulau jemur.jpgKembali secara sepihak Malaysia mengklaim Pulau Jemur masuk ke wilayahnya. Informasi yang dimuat sejumlah web site di Internet menyebutkan bahwa Pulau Jemur yang ada di wilayah Provinsi Riau adalah bagian dari daerah tujuan wisata Negeri Selangor, Malaysia. Salah satu situs yang menampilkan informasi ini adalah traveljournals.net dan osvaja.net. Tapi ketika saya ingin mencoba membuka kedua laman tersebut, tidak berhasil. Walaupun sudah berulang-ulang kali saya coba.

Seperti yang saya baca di Wikipedia, Pulau jemur(luas 250 ha) adalah sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, di antaranya Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik. Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan. Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi.

Mungkin karena potensi itulah, Malaysia lagi secarak sepihak mengklaim pulau ini. Padahal sudah jelas-jelas Pulau jemur terletak di wilayah Indonesia dan bukan di wilayah grey area. Ini sudah membuktikan betapa negara ini adalah negara yang rakus, loba, dan tak tahu diri.

Dengan merebaknya berita ini, makin membuat suasana hubungan kedua negara semakin panas. Saya heran, kenapa dengan mudahnya situs-situs Malaysia memasukan Pulau yang ada di wilayah Indonesia dalam promo wisata mereka. Apa mereka tak mengenal wilayanya sendiri. Atau mungkin di Malaysia tidak ada yang namanya mata pelajaran Goegrafi. Atau malah orang-orang di sana malas belajar tentang Geografi, sehingga akhirnya tak tahu mana wilayah sendiri, mana wilayah orang lain. Saya merasa yakin akan hal ini. Karena kejadia klaim wilayah terjadi tidak hanya sekali dua kali. Tapi berulang-ulang kali.

Jika benar tafsiran saya bahwa memang di Malaysia tidak mengajarkan yang namanya mata pelajaran Goegrafi, jangan heran kalu besok-besok bakalan ada lagi pulau-pulau yang diklaim Malaysia. Atau malah dengan bodohnya mereka akan mengklaim Bali ke wilayahnya karena tahu Bali lebih indah dari pulau-pulau mereka. Dan mungkin sifat orang Malaysia yang rakus, mencuri, dan mengambil milik orang tanpa bilang-bilang telah mendarah daging. Jadi jangan heran!(*bb/hti)

Sumber :
* http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Jemur
* http://www.antaranews.com/berita/1251713107/pulau-jemur-diklaim-jadi-obyek-wisata-malaysia
* http://berita.liputan6.com/politik/200909/242699/Malaysia.Klaim.Pulau.Jemur

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

2 comments:

made gelgel mengatakan...

beh sing suud2 ngajak uyut ne bli

perlu diberikan sangsi tegas oleh dunia

:X

bliyanbayem mengatakan...

nak be tegur masih jak pbb ye bli made....

tapi mule dasar bengkung ye sing dadi orahi....

kuping tebel onyangan ditu...

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.