Ayo Cuci Tangan

Desember 26, 2009

Sudah cuci tangan sebelum makan? Atau sahabat kadang-kadang masih melakukan kebiasaan waktu kecil, pulang dari sekolah atau kerja langsung makan tanpa cuci tangan dulu. Yep, kebiasaan yang sederhana tapi amat penting artinya bagi kesehatan. Cuci tangan bisa menjauhkan kita dari kuman atau virus yang dapat mengganggu kesehatan. Simpel dan mudah untuk dilakukan, tapi sangat penting untuk dilakukan. Kita tidak tahu apa yang telah kita pegang atau sentuh baik langsung ataupun tak langsung. Nah, kita juga tidak tahu kuman-kuman apa yang menempel di telapak tangan kita. So, cuci tangan itu penting.

Begitu pentingnya setidaknya kita menyempatkan untuk melakukan itu. Jangan sampai seperti saya yang dulu pernah dapet pengalaman gara-gara hal ini. Lupa cuci tangan akibatnya saya kena diare. Sampai kena tusuk jarum dokter dua kali. Kebayang tidak sakitnya pantar kena jarum. Dua kali lagi. Ckkckckckck... tapi kadang-kadang gara-gara keburu pengen makan makanan yang ada di depan mata, cuci tangan kelupaan dah. Yep, ini sedikit tips untuk cuci tangan :

Langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut.
  1. Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.
  2. Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik.
  3. Gosokkan kedua telapak tangan.
  4. Gosokkan sampai ke ujung jari.
  5. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya) dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
  6. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.
  7. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  8. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.
  9. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
  10. Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.
  11. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran, tutup kran dengan tissue.

Mengeringkan dengan tissue lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan yang umum ada di mal. Karena mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menularkan ke orang lain.

Mencuci tangan umumnya dilakukan saat sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin atau membuang ingus, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah membersihkan atau membuang sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan.

Nah, bagaimana? Pentingkan. Jadi ayo kita biasakan cuci tangan terutama sebelum makan. Yah, walaupun sudah ada alat bantu makan yang namanya sendok. Cuci tangan mesti tetap dilakukan. Ayo cuci tangan!!!

Referensi :
* http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/228-mencuci-tangan-anda-dengan-benar.html

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

0 comments:

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.