6 Kebiasaan Salah Secara Medis

September 14, 2010

Buku Ilmu Kesehatan Umum.jpg
Mungkin hal-hal berikut yang akan saya bahas sering kita lakukan ketika sakit menyerang. Sesuai dengan judulnya, ternyata secara medis kebiasaan-kebiasaan tersebut salah atau keliru. Kebiasaan-kebiasaaan yang mungkin telah diwariskan secara turun temurun (hehehhehe.... sampai diwariskan begitu). Dan secara sadar atau tidak sadar kita ternyata selama ini salah. Apa saja 6 kebiasaan yang salah secara medis tersebut? Nanti kita bahas lebih lanjut. Nah, untuk awalannya, bahasan ini diambil dari buku karya DR. Dr. Umar zein, DTM&H., Sp.PD., KPTI yang berjudul "Ilmu Kesehatan Umum". Yang mau beli silakan datang ke toko buku terdekat di kota anda (hehehehhe.... kayak promosi! ^_^). Cover bukunya seperti yang di gambar ya, jadi jangan sampai salah beli (yeahahahhaa.... promosi lagi!). Ok, kita lanjut ke bahasan 6 kebiasaan salah secara medis tersebut.

  1. Masuk angin harus dikerok
    Pasti sahabat pernah dikerok atau di suruh ngerokin. Kalau saya sih sering waktu bapak masuk angin. Apalagi kalau lembur, sering banget bapak masuk angin. Jadi tugas ngerokin jatuh ke saya. Ckckckcckkkkk....!!

    Dikerok Masuk Angin.jpg

    Faktanya :
    Kerokan ternyata bukan pertanda anginnya keluar, melainkan pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada dikulit. Tidak mengherankan, jika beberapa waktu setelah kerokan, gejala-gejala masuk angin akan kembali terjadi. Kerokan akan menimbulkan rasa sakit, tapi karena sudah ada rasa sakit atau pegal otot, maka dengan rangsangan sakit yang baru akan menimbulkan rasa seolah-olah rasa sakit pertama berkurang atau "terlupakan".
  2. Angin duduk harus dikerok atau dipijat
    Apa sih itu angin duduk? Angin duduk adalah rasa masuk angin yang disertai keringat berbutir-butir besar dan nyeri, rasa tertekan, atau rasa berat di dada. Ini mungkin merupakan gejala awal serangan jantung berat akibat sumbatan aliran darah ke otot jatung yang berfungsi memompakan darah keseluruh tubuh. Bila nyerinya pada perut disertai dengan tegang pada dinding perut, kadangkala muntah dan berkeringat dingin, ini mungkin peristiwa nyeri 'kolik', yaitu nyeri tiba-tiba akibat gangguan fungsi organ internal, seperti usus, lambung, empedu, ginjal, atau uterus. Dan angin duduk ini tergolong serius karena dalam beberapa kasus ada yang sampai meninggal karena penanganan yang salah.

    Angin Duduk.jpg

    Faktanya :
    Apabila menderita angin duduk, jangan dipijat atau dikerok. Kejadian orang yang meninggal ketika dipijat, menunjukkan betapa penangan yang salah dapat berakibat fatal. Hal yang harus dilakukan adalah : Pemberian oksigen dan obat serta tindakan diagnostik khusus. Ini mungkin merupakan gejala awal serangan jantung berat akibat sumbatan darah keseluruh tubuh.
  3. Penderita cacar air atau campak tidak boleh mandi
    Syukur sampai sekarang saya belum pernah kena penyakit ini. Mungkin ada sahabat yang pernah mengalaminya? Karena saya belum pernah mengalaminya, jadi tidak bisa bercerita banyak.

    Campak atau cacar air.jpg

    Faktanya :
    Hal ini malah bertentangan dengan prinsip medis, dimana pada penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit yang menyeluruh, justru harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi lebih sering agar perluasan penyakit dapat dicegah, disamping menggunakan obat.
  4. Mandi malam hari menyebabkan rematik
    Nah, yang satu ini ibu saya paling bawel. Pasti selalu ngingetin saya untuk jangan mandi malam-malam. Apa iya ya bisa kena rematik?


    Rematik.jpg

    Faktanya :
    Hal ini tidak benar. Kalau kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan memerlukan mandi untuk kebersihan, tidak ada masalah mesdkipun mandi malam hari. Tetapi pada penderita rematik, dianjurkan mandi dengan air hangat.
  5. Kalau demam tidak boleh mandi
    Hihiihihiii... kalau yang satu ini masih sering saya lakukan. Walau sudah tahu salah, tapi tetap saja kalau demam saya tidak mandi. Tapi ibu saya juga bilang begitu kok! Atau memang dasar saya yang males mandi. hehehheheh..... ^_^


    Mandi.png

    Faktanya :
    Dengan mandi ketika demam dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Tetapi, kalau demam disertai dengan rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres dengan air hangat.
  6. Memakai pakaian tebal / selimut ketika demam
    Ayo ngaku, pasti masih sering kan kebiasaan ini dilakukan. Apalagi yang pakai sarung kayak saya. Kalau deman sudah menyerang, pasti langsung selimutan pakai sarung. hehehehh.....!!


    Demam.jpg

    Faktanya :
    Pakaian tebal/ selimut akan menaikan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Disarankan untuk mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin.

Yep, itulah beberapa kebiasaan salah secara medis yang masih sering dilakukan oleh masyarakat kita. Semoga sedikit membantu dan menambah pengetahuan sahabat karena seperti yang kita tahu bahwa sakit itu mahal. Selamat membaca!! ^_^


Referansi :
Gambar dan info : *http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5347369

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

12 comments:

HB Seven mengatakan...

wah..kalau masuk angin ndak dikeroki..ndak sembuh je....mungkin udah...tersugesti kali ya...

Unknown mengatakan...

salam sahabat
ehm ternyata kebiasaan itu juga saya pernah mengalaminya xixixix thanxs n good luck

Pakbroncos mengatakan...

wahh kerenn mas..
ternyata berbanding terbalik dengan apa yang di terapkan oleh masyarakat banyak ..

edd k mengatakan...

ooo... pantesan waktu kena cacar bintik2nya ga banyak, malah rajin mandi pke air anget.. nice info :-k

ReBorn mengatakan...

OOT:
ijin follow ya bos.
:)

Rock Theory Bontang mengatakan...

emang kebiasaan seperti kerokan udah mendarah daging di masyarakat kita, saya juga sering tuh disuruh ngerokin kadang ampe kulit yang dikerok lecet semua, hehehe...

takuya mengatakan...

aku g pernah dikerok, aku malah takut kalo dikerok, keliatannya sakit..

yeyee,, dan akupun juga jarang mandi! huehehehe

bliyanbayem mengatakan...

@Fajar : hehehhe... wah pake sugesti dulu ya buat kerokan biar sembuh... kayak hipnotis aja mas. :))

@Dhana : yang mana? yang jarang mandi tuh ya... hahahhhh!! becanda sis!

@Pakbroncos : ya mas, jadi bisa tahu yang bener sekarang.

@edd k : thanks bro...

@ReBorn : silaken mas... thanks dah berkunjung.

@Puguh : wah, sampe lecet gitu mas... semangat banget ngerokinnya. hehehheeh....

@Takuya : sama mas, jarang mandi juga. :$

Anton wijaya mengatakan...

Yah, mitos yang berkembang dimasyarakat kadang-kadang tidak rasional.

kampus blog mengatakan...

saya tau nya nomor 1 mas.. memang benar kalau masuk angin jangan dikerok.. soalnya malah tambh parah :D

the gameR mengatakan...

makasih bro infonya.. jadi tau sekarang...

UuL mengatakan...

Jiaahh...3 nomer terakhir sering banget saya lakuin. Heheheh. Klo mandi malem, katanya mendingan pake air anget. klo lagi demam, otomatis jadi males mandi n yang terakhir sering banget. Huaa..berarti salah semua ya itu.

tengkiu yaa infonya ^^

salam kenal ^^

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.