Kisah Dibalik Simbol - Simbol Teknologi

Juli 08, 2011

Mungkin banyak dari kita yang mengenal simbol-simbol teknologi yang ada sekarang. Tapi apakah banyak yang tahu fakta di balik simbol-simbol itu? Mungkin ya, mungkin jiga tidak. Perkembangan teknologi yang pesat membuat manusia berpikir untuk menciptakan tanda atau simbol yang bisa mempermudah kita untuk mengenali suatu teknologi. Dengan adanya simbol ini kita bisa dengan cepat menganali teknologi apa yang sedang kita pakai saat ini. Dan tentunya kita mesti berterima kasih kepada mereka yang telah menciptakan simbol-simbol tersebut. Berikut beberapa simbol yang memiliki fakta unik di balik penciptaanya.

  1. Tombol Power
    Simbol Power.jpg

    Simbol ini asal mulanya digunakan pertama kali pada perang dunia 2 sebagai sandi untuk saklar. Garis vertikal melambangkan angka "1" yang artinya hidup atau on, dan lingkaran melambangkan angka "0" yang artinya mati atau off. Sementara lingkaran yang tidak sempurna melambangkan kondisi standby.
  2. Bluetooth
    Bluetooth.jpg

    Awalnya gara-gara suka buah blueberry, raja Denmark ke-10, Harald Blatand mewarnai salah satu giginya dengan warna biru. Dan gara-gara bluetooth receptor pertama bentuknya mirip dengan gigi sang raja, dipakailah sandi yang biasa melambangkan raja Harald sebagai simbol bluetooth.
  3. Play

    Belum ada kisah yang pasti dan jelas kenapa segitiga dipake buat melambangkan tombol play. Yang pasti, segitiga dianggap jadi simbol penunjuk arah yang paling gampang terbaca. Posisinya yang mengarah ke kanan mengingatkan kita pada arah jalan pita rekam pada kaset.
  4. USB
    USB.jpg

    Kesaktian tongkat Neptunus menginspirasi simbol USB sebagai konektor yang bisa menghubungkan koneksi apapun. Tiga ujung tongkatnya yang terbentuk dari tiga bidang, kotak, segitiga, dan lingkaran jadi penegas kalau USB adalah konektor yang serba bisa.
  5. Simbol "at"
    Simbol at.jpg

    Saat belum ada mesin cetak, pendeta harus menulis tangan tiap naskah yang diterbitkan. Daripada repot menulis kata "at", mereka pun bikin simbil "t" yang melilit "a". Maka jadilah simbol ini.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9025831

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

4 comments:

Fajar mengatakan...

ooo..ternyata simbol-simbol tersebut..ada sejarahnya tho..

Rawins mengatakan...

wah paling keren blutut
berarti gigi sang raja mengingih ya..?
hehe

topblogindonesia.com mengatakan...

nice post...jadi tau nih sejarah simbol2...ditunggu postingan sejarah simbol yg laen..

edy kesuma mengatakan...

tampilan baru, postingan baru :)

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.