Pura Penataran Agung Lempuyang

Februari 15, 2012

Tepat hari raya purnama tanggal 7 Februari ini saya berkesempatan untuk ikut rombongan tirtayatra ke beberapa pura. tirtayatra kali ini diadakan oleh kontraktor tempat ayah saya bekerja. jadi kebayang jumlah rombongan yang lebih dari 20 orang karena ikut serta juga istri dan anak-anak. setahun lalu juga diadakan tirtayatra, tapi sayang saya tak bisa ikut. jadi kali pas dapat libur saya langsung ikut. tirtayatra kali menuju 4 empat pura. Pura Penataran Agung Lempuyang menjadi tujuan pertama. Lalu dilanjutkan ke Pura Ponjok Batu, menjelang sore ke Pura Pucak Mangu, dan terakhir muspa di Pura Tanah Lot sembari menikmati sunset.

Pura Penataran Agung Lempuyang.jpg

Pura Penataran Agung Lempuyang
Tujuan pertama tirtayatra adalah Pura Penataran Agung Lempuyang. Perjalanan dari Gianyar memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Pura ini adalah bagian dari rangkaian pura-pura yang akhirnya sampai di pura utama yaitu Pura Lempuyang Luhur. namun karena terbatas waktu, rombongan memutuskan muspa (sembahyang-red) hanya di Pura Penataran Agung saja.

Pura Penataran Agung Lempuyang.jpg

Pura Penataran Agung Lempuyang.jpg

Pertama kali menginjakkan kaki di jaba sisi pura, saya capek. bukan karena perjalanan menempuk pura tapi karena capek duduk di bus (heheheheh...) begitu memasuki jaba tengah pura, kami disambut oleh tangga-tangga menuju jeroan pura. tapi itu tidak masalah. lagipula dari atas saya bisa melihat pemandangan yang sangat indah. seperti memandang ke hamparan hijau wilayah pulau bali. sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan hijau pepohonan. juga udara yang berhembus menambah sejuk suasana.

Pura Penataran Agung Lempuyang.jpg

Pura Penataran Agung Lempuyang.jpg

begitu memasuki arel jeroan pura, rombongan langsung duduk dan menghatur sesajen. lalu pemangku pun segera menguncarkan doa-doa dan memerciki kami dengan air suci. kemudian sembahyang bersama dimulai. ini adalah pertama kalinya saya sembahyang di Pura Penataran Agung Lempuyang. hal yang masih berkesan adalah tangga-tangga yang menuju areal jeroan pura yang begitu indah tertata rapi. rombongan pun sempat berfoto bersama di depan tangga-tangga tersebut.

Setelah rombongan lengkap dan tidak ada yang tertinggal (baik anggota rombongan maupun barang-barang), perjalanan tirtayatra kami lanjutkan. kali ini menuju Pura Ponjok Batu.

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

edy kesuma mengatakan...

Cuma di jeroan gen?? Kayangne sampe puncak bro

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.