Mengenal Bagian Template Blogger

April 05, 2009

Mungkin ada sahabat yang sama pusingnya ketika pertama kali punya blog. Pusingnya terutama saat mau mengutak-atik template kita. Hal ini pula yang saya alami ketika mau mengedit template (baca cerita pusing ngutak-atik template disini). Karena nekat ngedit template, padahal belum kenal betul dengan bagian-bagiannya, akhirnya tampilan blog saya malah jadi hancur. Maka dari itu saya nanya lagi deh ke mbah Google. Dan ketemu penjelasannya di blog Mas Anas. Oke berikut tampilan layout/template blogger beserta penjelasan bagian-bagiannya.

bagian template.jpg
Susunan bagian template blogger seperti dibawah ini :

BODY→ OUTER WRAPPER → (HEADER + MAIN WRAPPER + SIDEBAR + FOOTER)

BODY : Adalah bagian paling dasar dari bagian-bagian lainya, body pada blog biasanya memenuhi halaman dari browser Anda baru setelah itu tersusun bagian-bagian lainya.

OUTER WRAPPER : Bagian ini adalah tempat dimana bagian-bagian dasar seperti header,main wrapper, sidebar dan footer tersusun diatas bagian ini

HEADER : Header ini tempatnya pada bagian atas template karena berfungsi sebagai informasi suatu blog yang akan dibaca oleh pengunjung blog diantaranya judul blog dan deskripsi blog.

MAIN WRAPPER : Sering disebut juga Posting area karena pada main wrapper adalah area postingan pada suatu Blog.

SIDEBAR : Sidebar ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan gadget/widget misalnya gadget yang telah disediakan oleh pihak blogger maupun luar blogger yang tempatnya disamping posting area/main wrapper.

FOOTER : Footer ini sama halnya seperti sidebar yaitu tempat penyimpanan gadget/widget pada blog kita namun footer tempatnya dibagian layout paling bawah yaitu dibawah main wrapper dan sidebar.

Nah, kalo sudah ngerti kayak gini kan gampang. Lanjut deh ngutak-atik templatenya. Tapi sebelumnya thaks buat Mas Anas buat penjelasannya.(*bb/bgs)

Referensi :
* image and tips by http://tutorial-jitu.blogspot.com

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

2 comments:

Media buying houses mengatakan...

It's truly an honor to be subjected to thoughtful and unbiased writing like this. The writer is clearly knowledgeable and balanced in my humble opinion.

heathrow to w2 mengatakan...

I wanted to thank you for this great blog! I really enjoy every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.