Hidden File Tool

Mei 30, 2009

Sudah seminggu lebih saya tidak 'ngepost'. Lagi mandek ide. Tidak ada ide yang muncul di pikiran saya buat dijadikan bahan artikel. Jadinya saya biarin aja tuh blog bengong sambil nungguin saya balik. Lagian saya juga lagi ada kerjaan di rumah yang mesti cepat diselesain. Jadi buat ngepostnya biar belakangan saja. 'ntar kalo dah dapet ide baru 'ngepost' lagi.

Oke kembali lagi ke masalah 'cari ide buat bahan artikel'. Kebetulan tiga hari yang lalu adik saya sempat minjem flasdisk milik temannya. Katanya lagi ada tugas dari sekolah. Pas habis nyolok tuh flasdisk ke kompi, si 'Pak De' ( Pak De Kaspersky dari Rusia ) langsung teriak nyaring. heaaaaaaiikkkkk........!! Teriak-teriak marah. "Sapa nih yang nyolokin flash yang ada penyakitnya?" gitu kira-kira kalo saya terjemahin. Weleh-weleh, ada makhluk asing ( kalo ga salah ini sejenis Virus ) yang nongkrong di flash itu. Untung si 'Pak De' sigap, jadi makhluk satu ini ga bisa masuk. heheheheeh........ selamet, selamet! :D :D

Setelah semua 'makhluk-makhluk' tak diundang itu diusir sama Pak De, adik saya ngelanjutin kerjaannya. Tapi pas 'mo buka filenya, kata adik saya filenya 'ga ada. Saya curiga jangan-jangan filenya ikutan diusir sama 'Pak De'. Cek-dicek ternyata filenya cuman ke-'hidden'. Pantesan ga kelihatan. Tapi masalahnya, tuh file ga bisa dikembalikan ke bentuk asalnya, attribute hidden-nya ga bisa dihilangin. Kayak gini nih gambarnya,

attribute_file.png

Sepertinya file tersebut attributenya sudah dirubah menjadi 'hidden dan system' ( seperti yang kita ketahui, ada beberapa attribute yang sering mengiringi suatu folder/file seperti attribute hidden, read-only, archive, system, dll. Nah, khusus untuk kasus yang satu ini, filenya sudah berattribute 'hidden dan system'. Biasaaa, kerjaan virus. Untuk menampilkan filenya, kita mesti mengeset opsi 'Hide Protected Operating System File (recomendded)' dengan cara klik Tool >> Folder Options >> View >> centang 'Hide Protected Operating System File (recomendded)' >> lalu ok atau apply di windows explorer). Lalu bagaimana cara menghilangkan attribute 'Hidden dan Systemnya?

Setelah saya ingat-ingat, sepertinya kemarin-kemarin saya sempat ngedownload satu tool buat ngembaliin file/folder yang attribute-nya 'hidden-system' kembali ke attribute semula. Kalo 'ngga salah namanya "Hidden File Tool". Tool yang sederhana ini cukup membantu buat mengembalikan attribut file ke semula. Tampilannya juga simple, jadi 'ga bikin pusing.

Hidden file tool.png

Nah, saya ingat dapatnya dari web-nya Mas Ebta pada artikel mengenal attribute file. Kebetulan waktu itu lagi iseng-iseng browsing, eh nyasar ke sana. Buka-buka, ketemu deh sama toolnya.

Oke, balik lagi ke toolnya. kalo ada yang mau ngedowload bisa hidden file toolnya di link ini. Atau ada yang pengen langsung ke sumbernya juga bisa. Tinggal masuk ke artikel mengenal attribute file di link ini. Nah untuk cara makenya, kalian tinggal browse ke directory tempat file yang ke-'hidden dan system' itu berada. misalnya di (f:), ini bisanya untuk directory flashdisk di kompi saya. Lalu tekan 'search'. Setelah ketemu, blok semua file yang mau dirubah attributenya, lalu centang pilihan attributenya. Mau read-only, archive, atau tanpa attribute juga boleh. Kalo sudah, klik 'change'. Berhasil deh! Selain untuk mengembalikan, tool ini juga bisa untuk merubah attribute file sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi cara kerjanya dua arah. Asyikan 'kan.

Oke, itu sedikit yang bisa saya sharing. Yang pada akhirnya saya jadikan bahan ide untuk artikel kali ini. Yah, samapi di sini dulu deh. Besok-besok saya ngepost lagi. 'Mo pulang dulu! Oh, ya hampir lupa. Thanks buat Mas Ebta untuk toolnya. Sukses terus buat mas. Nah buat kalian yang udah ngedownload, selamat mencoba! (*bb/Sfw)

download hidden file tool via ziddu | download hidden file tool via 4shared

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

jasmine mengatakan...

amankan pertamax gan

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.