Arti Kepercayaan : Kisah Seorang Anak Negro

Juli 27, 2009

Kisah ini saya dapat dari teman dan dia sendiri mendapatkannya dari sebuah milis yang dia ikuti. Kisah ini tentang seorang anak kulit hitam. Kisahnya tidaklah sehebat kisah-kisah heroik yang lain. Hanya sebuah kisah sederhana tapi sangat menginspirasi. Berikut cerita selengkapnya :


Sebuah kapal barang berlayar di Samudra Atlantik. Di buritan kapal ada seorang anak negro kecil, dia adalah seorang pekerja suruhan. Anak ini tidak hati – hati sehingga tercebur ke dalam Lautan Atlantik yang bergulung – gulung ombaknya. Anak ini berteriak minta tolong, apa daya ombaknya sangat besar dan angin sangat kencang, orang yang berada di atas kapal tidak ada yang mendengarnya. Dengan mata terbelalak dia melihat kapal barang tersebut membawa ombak bergerak makin lama makin menjauh.

Naluri bertahan hidup anak ini membuat dirinya berenang sekuat tenaga di dalam air yang sangat dingin. Dia mengerahkan segenap tenaganya untuk mengayuh kedua lengan kurusnya, berusaha keras agar kepalanya tetap berada di atas permukaan air, membuka matanya yang besar memandang ke arah kapal yang pergi semakin menjauh.

Kapal itu makin lama makin jauh, kapalnya makin lama makin kecil, akhirnya tidak terlihat lagi, sisanya sejauh mata memandang hanya lautan yang tak bertepi. Tenaga anak ini juga hampir habis, sesungguhnya ia sudah tidak mampu berenang lagi, dia merasakan dirinya serasa akan tenggelam. Lepaskanlah, hatinya berbisik pada dirinya sendiri. Saat itulah, di dalam benaknya terbayang akan wajah yang begitu welas asih dan pandangan mata yang ramah dari sang kapten kapal itu. "Tidak, kapten kapal setelah mengetahui saya tercebur ke laut, pasti akan kembali untuk menolong saya!" Berpikir demikian, anak ini berusaha dengan seluruh keberaniannya mengerahkan segenap tenaganya yang tersisa berenang lagi.

Akhirnya kapten kapal menyadari bahwa anak negro itu telah hilang, setelah dia memastikan bahwa anak itu tercebur ke laut, dia memerintahkan untuk berlayar kembali untuk mencarinya. Saat itu ada orang yang menasehatinya, "Sudah sekian lama berlalu. Kalaupun dia tidak mati tenggelam, pasti sudah dimakan oleh ikan hiu...". Kapten kapal agak ragu – ragu, namun akhirnya ia tetap memutuskan untuk kembali mencari anak itu. Ada orang yang berkata, "Pantaskah tindakan ini hanya demi seorang anak negro?" Sang kapten menghardiknya, "Tutup mulut!". Di saat – saat terakhir ketika anak kecil itu hampir tenggelam, sang kapten tiba tepat pada waktunya dan anak itu tertolong.

Ketika anak negro tersebut tersadar, dan saat dia bersujud untuk berterima kasih kepada sang kapten kapal atas budi baiknya menyelamatkan nyawanya, kapten itu memapah sang anak negro dan bertanya, "Bocah kecil, bagaimana kamu bisa bertahan begitu lama?"

Anak itu menjawab, "Saya tahu anda pasti akan kembali untuk menolong saya, saya tahu anda pasti akan datang!"

"Bagaimana kamu tahu saya pasti akan datang untuk menolongmu?", tanya kapten kapal lagi.

"Karena saya tahu anda adalah orang yang demikian!", jawab si anak.

Mendengar jawaban tersebut, kapten ini menjatuhkan diri di atas kedua lututnya bersujud di hadapan anak negro tersebut, air matanya berderai memenuhi wajahnya, "Bocah kecil, bukan saya yang menyelamatkanmu, sebaliknya, adalah kamu yang telah menolong saya! Saya sangat malu atas keragu – raguanku saat itu..."

Seseorang yang sangat dipercayai oleh orang lain juga merupakan semacam kebahagiaan. Pada saat orang lain mengalami putus harapan bisa terpikirkan olehnya akan dirimu dan yakin akan mendapatkan pertolongan darimu, merupakan sebuah kebahagiaan.

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

6 comments:

Rendy-Ramon mengatakan...

cerita yg menarik sob..
pesan-pesannya itu loh yg gak nahan di bagian akhir...
keep posting

NoRLaNd mengatakan...

ah speechless jg baca crita di atas...

Osi mengatakan...

:-k cerita yang sangat menyentuh....

Thanks penyegaran buat hati yang keruh

bliyanbayem mengatakan...

@rendy-ramon : yep, semoga jadi bahan renungan ya mas bagi kita semua.

@norland : ;;) ;;)

@Osi : yep terima kasih juga untuk kunjungannya.

Lina Marliana mengatakan...

wah kayak di film aja yah, sungguh cerita yg bagus dan sangat menyentuh.. :-o

Anonim mengatakan...

critanya bagus.. ;;)

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.