Biang Kerok Penyebab Widget Follower Saya Hilang

Oktober 07, 2009

Hhmm... sebenarnya saya malu juga sih cerita tentang hal ini. Tapi karena saya ingin sharing, maka saya ceritakan juga hal ini. Mungkin ada sahabat blogger yang masih ingat tentang pengalaman saya kehilangan widget follower (Kalau sahabat mau bisa membacanya kembali di artikel Widget Follower Hilang Terus atau di artikel Spreadsheets Untuk Follower Yang Hilang di link tersebut). Dan pada artikel "Spreadsheets Untuk Follower Yang Hilang" saya telah mengirim laporan ke Google tentang hilangnya widget follower saya ini. Dan dengan bodohnya saya menunggu selama 3 bulan ini, berharap widgetnya muncul lagi.

Sudah berulang kali saya memasang ulang widget follower. Tapi tiap kali dipasang ulang hasilnya tetap sama. Widget follower saya blank, nggak muncul apa-apa. Jadi dengan terpaksa saya cabut jabatannya dari blog saya. Seiring berjalannya waktu (wuiihh... kayak novel saja bahasanya), saya lupa dengan widget ini. Tapi di alam bawah sadar saya (gak nyambung deh kayaknya..), saya masih ingin memasang widget ini. Tapi apa daya segala usaha yang telah saya lakukan tak membuat widget ini dipasang kembali. Pasrah saja!

Lalu tiba-tiba keajaiban muncul. Sebuah ide brilian dari otak saya yang tidak lebih besar dari otak kuskus, muncul begitu saja beberapa hari yang lalu. Dalam pikiran saya timbul ide, "Kenapa tidak mengecek template saja? Siapa tahu ada kode-kode atau script-script yang membuat followernya jadi blank". Sungguh ini sebuah ide yang spontan. Mungkin didorong oleh besarnya keinginan dan hasrat saya untuk memasang lagi follower itu. Jadi langsung saja saya mengubrak-abrik ulang template saya ini. Dan akhirnya dengan perjuangan yang tanpa henti dan tak kenal lelah (Ada kira-kira 3 jam waktu yang saya habiskan untuk menemukan si biang kerok ini), saya temukan juga titik kesalahannya. Dan yang menjadi biang keroknya adalah sebuah JavaScript yang sederhana.

Saya sudah lupa kapan saya memasang javascript ini di template saya. Tapi yang pasti gara-gara script ini, saya gagal terus tiap kali mau memasang ulang widget follower. Sebenarnya scriptnya sederhana. Hanya kumpulan kode-kode yang akan memebuat tiap kali saya ketikan kode seperti ini ":D" maka akan secara otomatis berubah menjadi emoticon seperti ini "yahoo bigsmile.gif". Atau jika saya mengetikan kode ini ":z" maka otomatis akan berubah menjadi emoticon seperti ini "yahoo happy.gif".



Dan akhirnya saya hapus saja script ini. Awalnya memang seperti kata pepatah, "Seperti buah simalakama, dimakan emak mati, jakalau tidak bapak yang mati". Saya ragu mau pilih yang mana. Dua-duanya penting untuk saya. Tapi setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk menghapus script ini. Memang sih ada konsekuensinya. Kode-kode smiley yang saya ketikan akan kembali seperti semula. Tapi tak apalah. Toh Akhirnya widget follower itu bisa nangkring lagi di blog saya seperti sediakala. Ada kepuasan yang saya peroleh dan sedikit pelajaran untuk lebih teliti. Yep, dengan postingan ini, widget follower secara resmi mengambil posisi dan jabatannya yang sempat saya copot beberapa waktu yang lalu. (Tasya mode : on) Hore... hore... horeeee!!(*bb/mys)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

16 comments:

Roxx mengatakan...

Thanx Sob dah 3 hari :$ aku cari di google pake keyword bahasa inggris tapi hasillya NULL tapi hari ini aq coba cari digoogle pake keyword "Apa penyebab Follower" eh ternyata blog kamu diposisi pertama :)) HOhohoho.... terus aku coba deh Tips dari kamu :-$ dan Alhamdulillah berhasil... :L Makasih banget sob.... :-k

Bambang Surambang mengatakan...

mantap bos akhirnya ketemu juga yg gue cari setelah ngubek sana sini... klw ada cendol tak kasih neh... hehe.

Jane mengatakan...

sukurlah udah normal lagi mas

Evando Diotama mengatakan...

i http://i634.photobucket.com/albums/uu69/chibabeck/onion%20head/yes.gif iii LOPE U gan ... makasih jangan lupa kunjungan balik....di kostpelajar(dot)blogspot(dot)comhttp://i634.photobucket.com/albums/uu69/chibabeck/onion%20head/baguus.gif

rahmat yudhistira mengatakan...

thans atas infonya..

Ainatul Radhiah mengatakan...

ya Allah, makasih bgt ya, aku sampai bingung mw ngedit tempelate baru gara2 ini, aq kira tempelate q yang ga support, rupanya gara2 kode itu yg juga aku masukin ke blog, makasih ya..., salam kenal, silahkan berkunjung ke blog aku.. :))

ALI BLOGGER'S mengatakan...

hehee...kocak abis, kita bernasib sama mas, setelah baca ini akhir nya ketemu nih solusi..mantap.kalau ada waktu main lah ke bilik saya..ups...ke blog saya maksudnya

bliyanbayem mengatakan...

@All : thanks buat komenya ya... maaf ga bisa bales satu2. ^_^

Dunia PTC mengatakan...

makasih banyak buat info nya teman....
iya emang benar waktu itu sy juga pakai emoticon gituh dan akhirnya widget folower saya g kelihatan.
:)

VirezforeveR mengatakan...

makasih ya kaka .. semoga makin sukses aja deh ..
gara" emoction itu follower blog aku jadi ilang,tapi sekarang udah muncul lagi koq gara" tuh si biang kerok udah aku musnahkan dari blogku .. MAKASIH SEKALI LAGI ..

VirezforeveR mengatakan...

oia jangan lupa follow ya ka !!
virezforever.blogspot.com :D

Lukman Khakim mengatakan...

wah, saya juga ngalamin hal serupa dan masih belum tahu mana penyebabnya ato siapa biang keroknya, mungkn sobat punya saran, karena pada di template sya kagak ada kode yang sobat lingkari

tolong dikoreksi blog saya, khususnya untuk widget comment
http://lukmankhakim.blogspot.com/

Are'Rev Shadowalker mengatakan...

Wah kug pengalamannya sama seperti saya yaa gan.... hehehehe
Info yg bguz skali gan.....


Mohon kunjungan baliknya yaa gan.... N saya juga sangat berterimakasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

(zamrudhijau.blogspot.com)

Muhammad Rafly mengatakan...

Nice gann... :)..

aditya_kirai mengatakan...

wah oke nih gan manteppp!
Makasi atas artikelnya agan.. Sangat bermanfaat!

Bangga Hana Pramana mengatakan...

terima kasih share nya sob...
akhirnya problematika blog ane terpecahkan :D

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.