Blogger Akhirnya Dukung Read More

Oktober 06, 2009

Setelah lama menunggu akhirnya blogger merilis fasilitas read more pada post editornya yang baru. Ini adalah berita yang bagus untuk para bloggerholic di seluruh dunia. Sekarang kita tidak perlu pusing-pusing mencari tips-tips untuk menghack blogger agar mendukung fasilitas read more. Sekarang blogger sendiri telah mendukung fasilitas ini. Rilis ini adalah serangkaian update dari blogger dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10. Viva Google!!

Dulu saya pernah membahas mengenai cara membuat read more di artikel Membuat Read More. Nah, sekarang karena blogger sudah mendukung fasilitas ini, saatnya kita menghapus kode hack yang dulu. Bukan karena tidak butuh lagi. Bukan juga karena ada yang baru, yang lama kita tinggalkan. Tapi lebih karena sebagai tamu, kita harus menghormati tuan rumah (blogger-red). Jadi gunakan fasilitas yang telah disiapkan oleh tuan rumah dengan sebaik-baiknya. Oke, kita langsung ke bagian pemasangan yang baru.
  1. Untuk menghapus trik yang dulu, kita tinggal melakukan langkah-langkah yang sama seperti dulu lalu menghapus semua kode yang ditambahkan. Lalu untuk pemasangan read more yang baru, seperti biasa login dulu ke blogger.
  2. Kemudian dari Dashboard, klik Layout/Tata Letak.
  3. Lalu klik Edit HTML dan centang Expand Widget Template.
  4. Kemudian cari kode seperti ini

    <data:post.body/>

    Kalau susah mencarinya, tekan tombol Ctrl+f pada keyboard. Nah copy paste kode yang tadi di kotak Find lalu enter.
  5. Kalau kodenya sudah ketemu, tambahkan kode berikut ini

    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
    <div class='jump-link'>
    <a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
    </div>
    </b:if >

    di bawah kode yang tadi.
  6. Lalu ingat Save Template.
Nah, untuk penulisannya sahabat harus sudah menggunakan post editor blogger yang baru. Gambarnya seperti ini

post editor baru.jpg

  1. Masuk ke bagian Setting/Pengaturan, lalu pada pengaturan Basic/Dasar, pilihan Setting Global, pilih Editor yang baru.

    editor baru.jpg
  2. Kalau sudah ingat di Save/Simpan Setelan.
  3. Lalu untuk penulisan, seperti biasa masuk ke Post Editor. Nah kalau sahabat lebih sering pada bagian Compose, Untuk memenggal postingannya klik tanda yang dilingkari merah


  4. Jika sahabat sering posting di bagian Edit HTML, tinggal menambahkan kode <!-- more --> pada bagian postingan yang akan dipenggal.


  5. Untuk mengubah kata pemenggalnya (Kata yang menandai pemenggalan postingan atau tanda read more-nya), sobat masuk ke halaman Layout/Tata Letak, Kemudian pada gadget post blog klik edit.


  6. Kata "baca selengkapnya" bisa sobat ganti dengan kata-kata sobat sendiri!


  7. Kemudian ingat klik Save/Simpan
Yep, itu dulu yang bisa saya bagi. Sudah capek nih dari tadi ngetik terus. Saya mau pulang dulu. Sudah sore. Saya takut entar emak marah. Selamat mencoba!(*bb/blgs)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

Jane mengatakan...

haha... baru tau ini

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.