Minuman Penawar Racun

Februari 27, 2012

Tubuh kita setiap harinya tanpa kita sadari terkena paparan bahan-bahan kimia yang bersifat racun bagi tubuh. Entah itu dari makanan (biasanya yang mengandung bahan pengawet, pewarna, dsb), asap kendaraan, rokok, dll. untuk itu kita perlu banyak-banyak mengkonsumsi sayuran segar. mengkonsumsi sayuran segar adalah cara alami detoksifikasi untuk tubuh kita. Selain itu bisa juga dicoba dengan rutin meminum minuman yang memeiliki sifat untuk menawar racun dalam tubuh. berikut beberapa janis minuman yang secara alami berkhasiat untuk detoksifikasi dalam tubuh.

  1. Air Putih
    Dr Poonam Rathod, pakar kesehatan, mengatakan, konsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh mampu membersihkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Ini membuat tubuh dan perut bersih dari limbah makanan. Kalo dulu waktu SD saya masih ingat dikasi tahu oleh guru saya untuk setidaknya minum 8 gelas air putih sehari. apalagi untuk anda yang cepat berkeringat dan sering melakukan aktifitas.
  2. Air Kelapa Muda
    Ada yang suka minum air kelapa muda? itu bagus. apalagi diminum pas saat siang, wiiihh... seger. Air kelapa bisa mendetoksifikasi tubuh secara alami. Selain membersihkan saluran pencernaan, minum air kelapa akan meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
    air kelapa muda.jpg
  3. Teh Hijau (Green Tea)
    Green Tea (ini bukan merek minuman kemasan loh ya!) atau teh hijau adalah merupakan antioksidan alami yang mengandung polifenol, sehingga membantu meregulasi glukosa dalam darah. “Polyphenol menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, dan mencegah mereka memasuki aliran darah,” jelas Dr Rathod.
    teh hijau.jpg
  4. Jus Labu
    Sebenarnya semua jus baik dari berbahan sayur maupun buah sangat baik untuk kesehatan dan kesegeran tubuh. Dan jus labu adalah obat alami yang sangat baik bagi mereka yang penderita masalah pencernaan dan keasaman. “Ini karena sifat basa-nya. Serat dalam sebotol jus labu juga menyembuhkan masalah pencernaan,” kata Dr Rathod.
    jus labu.jpg
  5. Susu
    Sangat rugi kalo ada yang tidak suka dengan jenis minuman yang satu ini. bahkan sejak kita dilahirkan, susu (ASI) adalah minuman pertama yang kita kenal. susu bisa juga dijadikan penawar racun tubuh, karena bisa melarutkan racun, susu mempunyai sifat antidotum atau penawar racun apabila seseorang keracunan logam berat. Inilah mengapa pekerja pabrik yang dalam pekerjaannya berkaitan dengan baha-bahan kimia, susu selalu masuk dalam daftar minuman yang "harus diminum".
    susu.jpg
  6. Jus Jeruk
    Adalah sumber vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk kaya flavonoid, antioksidan, yang melindungi sistem kekebalan tubuh manusia dengan bertindak melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Sebagai tips, minuman detoksifikasi ini akan lebih baik jika dikonsumsi sebelum sarapan.
    jus jeruk.jpg
  7. Mondokaki
    Sering ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan dan di taman-taman. Asalnya dari India, tersebar di kawasan Asia Tenggara serta kawasan tropic lainnya dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 400 m dpl, tanaman ini mengandung tabernaemontanin, koronarin, koronandin, dregamin, vobasin, amirin, korin, kortin, dan lipeol, tanaman ini memliki khasiat sebagai penawar racun jika tergigit serangga berbisa seperti kalajengking. Cara pemakaiannya cukup rebus akarnya lalu minum air rebusannya. untuk diluar tumbuk daunnya lalu oleskan pada gigitan. tanaman ini jga dapat menyembuhkan darah tinggi,batu ginjal, dll.
    mondokaki.jpg
  8. Jahe
    Tanaman tradisional ini juga bisa sebagai penawar racun bekas gigitan ular, karena jahe mengandung senyawa seskuiterpen, zingiberen, bisabolena, zingeron, oleoresin, kamfena, Vitamin A, B, dan C.
    jahe.jpg

Nah, itu sedikit info dari saya di rubrik kesehatan. semoga memberi manfaat untuk sahabat. tulisan ini disadur dari forum kaskus dan ditambah sedikit ulasan dari saya. selamat mencoba!

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

11 comments:

Di Jual Rumah mengatakan...

cuman tau tiga jenis doang yang lain belom pernah coba hehe

outbound training di malang mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Saat harapan mu belum terwujud maka jaganlah kamu berhenti berharap dan teruslah berusaha.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Kontraktor mengatakan...

terima kasih banyak infonya kawan...

kontraktor bangunan mengatakan...

bagus artikelnya...benar2 bermanfaat artikelnya neh...makasih ya udah share disini...:)

birthday party mengatakan...

thx buat infonya berguna sekali :D

kontraktor bangunan mengatakan...

bagus dan bermanfaat sekali infonya ...makasih lho ya udah share disini...:)

apa obat jantung koroner yang ampuh mengatakan...

maksih infonya pamand

Zamrud Hijau mengatakan...

Link sobat sudah terpasang di blog saya pada menu Link Exchange

Mohon kunjungan baliknya yaa....
Dan saya juga sangat berterima kasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

Title: Zamrud News
( www.zamrudnews.com )

jus manggis murah mengatakan...

banyak manfaat nya juga ya teh hijau

distributor jelly gamat mengatakan...

rekomendasi yang sangat bagus

agen obat herbal indonesia mengatakan...

yang sering di ingatkan oleh orang tua dan guru-guru saya adalah "minumlah air putih sebanyak-banyaknya supaya kamu sehat" jadi mengingatkan saya dengan membaca artikel ini . terimakasih

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.