Batik Indonesia Telah Dipatenkan

Oktober 02, 2009

Akhirnya dengan perjuangan yang gigih dan alot, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melalui badan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) telah secara resmi menetapkan bahwa batik adalah produk budaya tak benda yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Dengan ini tidak ada lagi negara-negara lain yang boleh dan bisa mengklaim batik sebagai produk budayanya. Sekarang secara resmi batik adalah milik kita, Bangsa Indonesia. Tidak boleh lagi ada klaim sepihak seperti yang di lakukan negara serumpun yang tidak tahu malu (Malaysia-red). Sudah seharusnya kita berbangga.

Berikut kutipan beritanya yang saya ambil dari Kompas.com

Jakarta, Kompas - Batik Indonesia akhirnya secara resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat sejak lahir hingga meninggal.

Masuknya batik Indonesia dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) diumumkan dalam siaran pers di portal UNESCO, pada 30 September 2009. Batik menjadi bagian dari 76 seni dan tradisi dari 27 negara yang diakui UNESCO dalam daftar warisan budaya tak benda melalui keputusan komite 24 negara yang tengah bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, hingga Jumat (2/10).

Seni dan tradisi China serta Jepang mendominasi Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang diumumkan UNESCO. Sebanyak 21 warisan budaya China masuk dalam daftar tersebut, mulai dari teknik pemotongan kertas yang rumit yang biasa diwariskan dari ibu ke anak perempuan, kerajinan, dan pertanian ulat sutra di Provinsi Sichuan, hingga upacara penyembahan Dewi Laut Mazu.

Ada pula seni opera Tibet, seni dekorasi Regong, puisi kepahlawanan masyarakat Kyrgiz di Xinjiang hingga tradisi masyarakat Mongolia berupa ritual nyanyian poliponik.

Sebanyak 13 warisan budaya Jepang diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Warisan budaya itu antara lain tarian dan prosesi rakyat Akiu di Jepang utara hingga pertunjukan seni tertua Jepang yang disebut Gagaku.

Tari tango yang kesohor di dunia juga diakui sebagai warisan budaya tak benda yang diumumkan. Tari tradisional itu awalnya berkembang di masyarakat kota kelas bawah di Buenos Aires, Argentina.

Yep, sebuah berita bahagia ditengah banyaknya bencana yang sedang dialami negeri tercinta kita. Semoga ini menjadi obat penawar untuk derita mereka. Yah, walaupun cuma sedikit. Jayalah Indonesia!(*bb/bdy)

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

1 comments:

Jane mengatakan...

harus begitu emang, biar ga diklaim pihak lain

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.