Download Emoticon Imut!

Mei 11, 2009

Sesuai dengan janji saya pada postingan yang lalu, maka pada postingan kali ini saya akan memberikan link untuk mendownload koleksi emoticon yang saya miliki. Emoticon-emoticon ini saya kumpulkan dari beberapa sumber. Imut-imut banget! Tapi sebelumnya, tidak ada salahnya 'kan jika kita menilik sedikit mengenai sejarah emoticon itu sendiri. Kapan tepatnya karakter-karakter lucu ini hadir di tengah-tengah kita( hehehehe...... :) :))? Bagaimana bentuk awalnya? Mengapa dibuat dan oleh siapa? Tapi kalo ada yang sudah paham betul akan sejarahnya, saya mohon untuk menahan komentarnya sampai yang lain selesai mambaca ya... :D :D! Dan kalo ada tambahan, saya mohon responnya. Terima kasih!

Oke, kita langsung saja ke bagian pembukaan.

Kehadiran smiley/emoticon pada sebuah web, blog, situs jejaring sosial dan layanan lainnya memang sangat penting. Selain sebagai pemanis juga digunakan untuk mengungkapkan emosi yang dirasakan baik oleh pembaca maupun oleh penulis itu sendiri. Selain itu juga untuk mencegah kesalahpahaman yang sering terjadi saat penulis ingin membuat joke (candaan) namun disalahartikan sebagai penghinaan oleh pembaca yang lain.

Emoticon – atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai ikon emosi – adalah sebuah simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang mengandung emosi atau perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan.Kata “emoticon” ini sebenarnya secara etimologi merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu emotion, yang berarti emosi, dan icon, yang berarti simbol.

Seiring dengan semakin populernya emoticon, banyak pihak yang kemudian saling mengklaim dirinya sendiri sebagai pencipta ataupun pengguna pertama dari emoticon (untuk lebih lengkapnya anda bisa baca artikel tentang emoticon di link ini). Akan tetapi, dari semua pihak yang pernah mengklaim dirinya sebagai pencipta ataupun pengguna pertama emoticon, Scott Fahlman-lah yang disebut-sebut sebagai orang pertama yang menggunakan emoticon ASCII asli, yaitu emoticon :-) dan :-( , yang bisa dibilang karakter emoticon yang paling populer dan paling umum diantara karakter emoticon lainnya. Pesan elektroniknya, yang ditampilkan pada papan buletin ilmu komputer Universitas Carnegie Mellon, pada tanggal 19 September 1982 – yang sebelumnya dikira telah hilang, tetapi kemudian ditemukan kembali pada September 2002 oleh Jeff Baird dari pita cadangan yang lama – yaitu berisi :

19-Sep-82 11:44 Scott E Fahlman :-) From: Scott E Fahlman
I propose that the following character sequence for joke markers:


:-)


Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark things that are NOT jokes, given current trends. For this, use

:-(


untuk pesan lebih lengkapnya bisa dibaca pada artikel emoticon di link ini.






Hanya dalam hitungan bulan penggunaannya telah menyebar melalui ARPANET (internet pertama kali) dan Usenet. Berbagai variasi karakter pembentuk smiley mulai berkembang dan dibuat oleh Scott dkk.

Penggunaan smiley ini sudah menyebar luas pada tahun 80-an dan menjadi budaya sosial di dunia maya. Dan sampai saat ini masih banyak dipakai, tapi dengan wujud yang berbeda-beda dan ekspresi yang semakin beraneka ragam. Bentuk smiley dari rangkaian teks sekarang banyak yang diganti dengan gambar kecil/icon, dari situlah muncul sebutan baru, yaitu emoticon (emotion icon).

Tapi, icon berbentuk bulat kuning biasanya tetap disebut sebagai smiley, lalu alternatif untuk lebih cepat dalam menampilkan emoticon digunakan juga rangkaian karakter pembentuk smiley layaknya shortcut. Rangkaian karakter pembentuk smiley ini juga termasuk dalam karya seni ASCII.

Berikut tabel contoh smiley yang umum digunakan, beserta penjelasan arti dan rangkaian karakter pembentuknya

download emoticon

Untuk mencegah perubahan karakter teks ke bentuk emoticon grafis, biasanya penulis akan membuat karakter smiley yang dibalik secara horizontal seperti ini, (-: .

Sebuah gambar beranimasi, seperti yang satu ini kaoni.gif juga termasuk dalam keluarga emoticon yang diperkenalkan pertama kali di Jepang dengan nama Kaoani. Berasal dari kata kao (wajah) dan ani (animasi). Panggilan lainnya adalah puffs, anime blobs, anikaos atau anime emoticons.

Emoticon jenis ini melakukan gerakan tertentu untuk menunjukkan suatu ekspreasi seperti gerakan melompat, menari dan sebagainya. Kaoani biasanya hanya tampil berupa kepala saja, tetapi mulai banyak juga yang memiliki lengan, setengah badan atau seluruhnya. Inspirasi dalam membuat Kaoani bisa berasal dari hewan, makanan, karakter kartun, gumpalan warna-warni atau gabungan dari semuanya, seperti emoticon Onion Head yang ada di dua pragraf sebelumnya. Desain dari emoticon tersebut diambil dari salah satu jenis sayuran, yaitu bawang putih. Sejak format GIF mendukung animasi format file gambar ini yang selalu digunakan untuk membuat kaoani. Forum, jejaring sosial, blog dan IM kini menjadi lebih hidup dan meriah dengan kehadiran emoticon jenis ini.

Perkembangan emoticon selanjutnya dapat kita bagi menjadi dua yaitu emoticon grafis dan emoticon veriasi multimedia. Emoticon grafis dibuat dengan sofware-sofware pesan instan yang dapat memperdengarkan bunyi ketika kita menerima emoticon tertentu.Sedangkan untuk variasi multimedia merupakan penggabungan dalam pengekspresian emosi, bunyi dan flash player. sebagai contoh, pada tahun 2007 MTV dan Paramount Home Entertainment mempromosikan emoticlip sebagai bentuk pemasaran untuk acara The Hills musim kedua. Emoticlips yang dibuat ketika itu merupakan dua belas potongan dialog singkat dari acara tersebut, yang di-upload ke YouTube, yang diharapkan dapat terdistribusikan diantara pengguna internet sebagai teknik untuk mengungkapkan perasaan dengan cara yang tidak berbeda jauh dengan emoticon. Konsep emoticlip dibuat oleh perusahaan periklanan Bradley & Montgomery, yang berharap emoticlip akan teradopsi secara luas seperti kartu ucapan yang telah terbukti berhasil digunakan dalam teknik pemasaran. Kemudian, pada tahun 2008, diciptakan sebuah perangkat yang dapat menganimasikan deretan emosi, yang dinamai FunIcons. Aplikasi berbasis Java dan Adobe Flash memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah animasi singkat. Pengguna kemudian dapat mengirimkan melalui email ataupun menyimpan animasi buatannya itu.

Yah, itu sedikit informasi mengenai sejarah emoticon yang dapat saya berikan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca dari artikel-artikel pada link-link di bawah. kehadiran emoticon memang sedikit banyak sangat berpengaruh pada dunia maya. Apalagi bagi saya yangsudah kepincut sama "si Kucing Imut" Bikin saya betah berlama-lama ngeblog. (*bb/blg)



Berikut beberapa emoticon koleksi saya!

baby soldier emoticon.gif baby soldier

blachy emoticon.gif blacy emoticon

koko emoticon modern YM

smiley emoticon.gif smiley emoticon

yoyo cici and friends emoticon yoyo, cici, and friends




Referensi artikel :

* http://en.wikipedia.org/wiki/Smiley
* http://en.wikipedia.org/wiki/Emoticon
* http://en.wikipedia.org/wiki/ASCII_art
* http://en.wikipedia.org/wiki/Kaoani
* http://omdhe.multiply.com/journal/item/207

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

2 comments:

Anonim mengatakan...

:s Thanks kk....
nice info:D

Mohammad Dimas J mengatakan...

oh ya .. cara menambahkan emoticon seperti di bwh komentar ini bagaiimana yahh ?? mau dong.. di bagi.. :?

Poskan Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.