Launching Blog Bliyanbelog

Juni 04, 2009

Akhirnya setelah tertunda beberapa minggu, saya melaunching juga blog saya yang kedua. Blog ini saya beri nama "Bliyanbelog". Terdiri dari dua kata, yaitu "Bliyan" dan "Belog". Bliyan sendiri itu nama saya, lalu kata "Belog" itu bahasa daerah Bali yang artunya "bodoh, bego, bloon, dan kata-kata sejenis'. Jadi kalo diartikan "bliyanbelog" artinya "bliyan bego". Hehehehehe..... :D :D. Blog ini saya dedikasikan untuk Bali, pulau tercinta saya. Awal pertama saya tahu dunia blogging, blog inilah yang ingin saya buat untuk pertama kalinya. Tapi karena masalah bahan-bahan artikel yang belum cukup, akhirnya saya tunda hingga beberapa waktu lamanya dan yang lahir malah blog ngawur tercinta ini, bliyanbayem.blogspot.com.

Oke balik lagi ke "Launching Blog Bliyanbelog". Seperti yang tadi saya bilang, blog ini saya dedikasikan untuk Bali jadi isi di dalamnya segala hal tentang Bali. Dan tambahan satu lagi, blog ini berbahasa Bali, jadi sahabat blogger yang nggak sengaja berkunjung ke blog ini, saya mohon maaf ya kalau sahabat nggak ngerti bahasanya. Tapi kalau mau belajar Bahasa Bali, bolehlah saya ajari sedikit-sedikit.

Paling banyak yang saya bahas dalam blog ini yaitu mengenai keaadaan Bali beserta semua aspek kehidupannya seperti seni budayanya, adat istiadat, bahasanya, sastra bali, dan sebagainya. Dan tentunya 100% berbahasa Bali.

Lewat blog baru ini, saya hanya ingin sedikit berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan bahasa Bali. Berangkat dari keprihatinan saya akan perkembangan bahasa bali itu sendiri. Banyak anak-anak muda bali yang sudah jarang berbahasa bali. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Badung dan Denpasar. Bagitu juga mereka-mereka yang tinggal di sekitar kawasan wisata beken seperti Kuta, Legian, Ubud, dsb. Banyak dari mereka yang sudah jarang berbahasa ibu, Bahasa Bali. Lebih sering mereka memakai bahasa campuran, sedikit berbahasa Bali, sedikit berbahasa Indonesia. Jadi kalau saya perhatikan kedengarannya lucu, malah hancur. Nggak jelas apa yang mau diomongkan gara-gara pemakaian bahasa campuran ini.

Jadi karena masalah sentimentil itulah blog ini saya buat. Lagian saya juga ingin ikut serta dalan "Mengajegan Bali". Salah satunya dengan berbahasa Bali yang baik dan benar. Tapi ini bukan berarti saya tidak mencintai Bahasa Indonesia. Sebagai bahasa ibu, berbahasa Bali yang baik dan benar adalah wajib hukumnya bagi saya dan sebagai bahasa nasional, berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga merupakan hak dan kewajiban saya sebagai warga negara. Cuman proporsinya disesuaikan dengan waktu dan situasi.

Yah, itu dulu yang bisa saya ceritakan mengenai launching blog baru saya ini. Untuk perkembangan selanjutnya kita lihat perkembangannya saja. Salam!!(*bb/mys)

* Update : berikut tampilan bliyanbelog.blogspot.com setelah berusia 3 bulan. Saya pribadi cukup puas dengan perkembangan blog ini. Yah, walaupun Pagerank-nya masih nol besar, alexa rank-nya masih lebih dari 8 digit. Hehehe.... :D :D

idul fitri.jpg

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

0 comments:

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.