Mengembalikan Folder Super Hidden Oleh Virus

Oktober 16, 2009

Mungkin ada sahabat yang jengkel karena file atau folder di komputer atau flashdisknya yang hilang karena virus. Sebenarnya file/folder itu tidak hilang, cuma attributnya saja yang dirubah menjadi super hidden atau hidden system. Makanya tidak terlihat. Untuk menampilkannya kembali cukup mudah. Dari windows explorer, masuk ke Tool -> Folder Options -> lalu pilih opsi Show hidden files and folders dan hilangkan tanda cek pada opsi Hide protected operating system files (Recommended). Nah, file/folder yang terhidden tadi akan terlihat kembali. Lalu bagaimana cara mengembalikan attribut ke semula? Dulu saya sempat membahas hal ini di artikel Hodden File Tool. Berikut beberapa cara dan tool untuk mengembalikan file/folder yang terhidden.

  1. Dengan Command Prompt.
    Dari tombol start klik Run atau dengan menekan tombol Windows + R dari keyboard. Kemudian ketik cmd lalu enter. Kemudian arahkan ke direktori tempat file/folder terhidden itu berada. Misal di drive D:, caranya dengan mengetikan D: lalu enter. Terus ketik lagi ATTRIB *.* -S –H /S /D lalu enter. Nah, semua file/folder yang terhidden akan kembali lagi.
  2. Folder Fix.
    Tool yang satu ini cukup mudah digunakan. Kita tinggal menentukan di drive mana file/folder yang terhidden itu berada. Lalu klik search dan secara otomatis file/folder yang terhidden akan dikembalikan ke semula.

    folder fix.jpg

    download folder fix
  3. Anti Super Hidden.
    penggunaanya sama seperti folder fix. Tool yang ringan tapi cukup berguna.

    anti super hidden.jpg

    download anti super hidden
  4. Unhide File Tool
    Tool yang satu ini dalam [bat] ekstension. Jadi setelah mengekstrak file hasil downloadnya, tinggal menjalankan file bat-nya dengan double clik. Tool ini saya dapat dari blognya Mas Akhdian, http://akhdian.net.
    download unhide file tool
  5. Smadav Anti Virus.
    Antivirus lokal yang satu ini memang klop banget. Selain mudah untuk digunakan, ukurannya juga cukup kecil. Ini adalah antiyirus lokal yang terbaik saat ini bagi saya. Juga dilengkap dengan fasilitas untuk mengembalikan file/folder yang disuper hidden oleh virus. Tambah mantap saja nih antivirus. Untuk mendoenloadnya sahabat bisa langsung ke situs resminya di http://www.smadav.net.


Nah, itu sedikit dari saya. Cukup banyak tool yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah hidden file/folder ini. Mungkin ada dari sahabat yang punya solusi lain, saya mohon sharing infonya ya! Selamat mencoba!(*bb/swf)

Referensi :
* http://www.smadav.net
* http://www.kikil.org/forum/Thread-share-anti-super-hidden
* http://setiawansaja.blogspot.com/2008/12/mengembalikan-folder-hidden.html
* http://akhdian.net/2008/03/10/mengembalikan-data-yang-disembunyikan-hidden-oleh-virus-unhide-filefolder/

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

3 comments:

bocahbancar mengatakan...

Nice info guys ;)

bliyanbayem mengatakan...

@bocahbanjar : thx buat komennya... salan juga ya!!

syawa@blogger mengatakan...

bos, klo cuma file hidden msh bisa di atasain, tp klo file yang corrupt karene virus, ada aplikasinya gak?
mohon solusinya buat yang baca

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.