Arti Kode Warna Obat

Januari 22, 2010

Sahabat pernah sakit kan? Yah, pastilah pernah sakit. Saya saja sering banget tuh yang namanya disinggahi penyakit. Apalagi sakit yang sudah bermasyarakat (hehehhe... penyakit kok bermasyarakat) seperti flu, pilek, batuk, dan sebangsanya. Nah, tentunya kita atasi dengan obat (ya.. iyalah!! Masa pakai kentungan... heheheh...!!). Pernah tidak sahabat blogger memperhatikan kalau setiap obat punya kodenya masing-masing. Itu loh, kode lingkrana dengan warna di tengahnya. Ayo, diingat-ingat! Sudah ingat kan? Nah, kalo sudah ingat, mari kita bahas.

Setiap kode obat tersebut punya arti masing-masing (ya... iyalah!! Tiap kode pastinya punya arti masing-masing. Kalo nggak, bukan kode namanya). Mungkin diantara sahabat sudah tahu apa arti setiap kode tersebut. Tapi mungkin juga ada yang belu. Yep, itulah yang akan kita bahas dalam postingan ini.

Sebagai pengetahuan dasar bagi kita yang seringkali memakan obat namun tidak mengerti arti tanda dalam kemasan, termasuk kandungan yang ada didalamnya. Berikut penjelasannya :

Kode Lingkaran
  1. Lingkaran Hijau
    Obat-obatan dengan tanda lingkaran hijau mengindikasikan bahwa obat ini dapat dibeli bebas di pasaran. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain, vitamin, oralit, pedialit dan sebagainya.
  2. Kode Obat Hijau.jpg
  3. Lingkran Biru
    Lingkaran biru yang terdapat dalam kemasan obat mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas terbatas. Maksudnya, meski bisa dibeli tanpa resep dokter, tapi aturan pakai dan efek sampingnya harus menjadi perhatian. Penggunaannya pun harus sesuai dengan indikasi yang tertulis pada kemasannya. Yang termasuk dalam golongan lingkaran biru antara lain obat batuk dan obat demam.
  4. Kode Obat Biru.jpg
  5. Lingkaran Merah
    Lingkaran merah menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk golongan obat keras yang harus diresepkan dokter. Yang termasuk dalam golongan ini adalah antibiotik, obat-obat hormonal dan sebagainya.
  6. Kode Obat Merah.jpg

Nah, itu sedikit pengetahuan umum yang bisa saya share untuk sahabat semua. Yah, semoga ada manfaatnya. Salam Blogger!!

Referensi :
* http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4888001

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

6 comments:

-Gek- mengatakan...

pokoknya yang merah itu tetep bahaya yak?

edd k mengatakan...

kalo kuning artinya hati2 =((

Anonim mengatakan...

koq malah jadi rambu-rambu lalu lintas,...

Suara Qolbu mengatakan...

Tukeran link yo bro, aku dah copas script logo blognya nih, silahkan cek di http://semilirhati.blogspot.com, pada halaman link sahabat, terimakasih bro, cekidot
Eh, ijin copas artikel juga ya

Anto Morpheus mengatakan...

For the number 3 danger yes, so drugs such as v14gr4 is entered on the red "danger"

bliyanbayem mengatakan...

@all : maksi banget untuk komennya... maaf lama nggak bisa saya bals. ^_^

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.