Kualitas Pribadi Yang Baik

September 08, 2010

komunikasi.jpg
Kualitas dalam diri akan menunjukkan bagaimana kita sebagai seorang individu. Kualitas diri juga cerminan bagaimana kita bersikap dalam menjalani kehidupan. Terkadang kita tidak sadar seberapa baik kah kualitas pribadi kita sebagai individu. Apakah kita orang yang tergolong supel, mudah berkawan, dan jujur. Atau malah kebalikannya. Aktualisasi dalam diri juga akan terlihat dalam sikap kita sehari-hari. Bagaimana kita berinteraksi dengan keluarga, kerabat, dan orang lain dalam masyarakat. Kualitas diri juga penting dalam menjalin suatu hubungan. Entah itu hubungan pribadi (pacaran), relasi, teman kerja, dan sebagainya. Berikut beberapa sikap agar kita mempunyai kualitas diri yang baik :

  1. Ketulusan
    Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Prinsipnya "Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak". Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.
  2. Rendah Hati
    Beda dengan rendah diri yang merupakan kelemahan, kerendahhatian justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat orang yang di bawahnya tidak merasa minder.
  3. Kesetiaan
    Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
  4. Bersikap Positif
    Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dsb.
  5. Keceriaan
    Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
  6. Bertanggung Jawab
    Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh.
    Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan,
    dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.
  7. Kepercayaan Diri
    Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.
  8. Kebesaran Jiwa
    Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan.
    Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
  9. Easy Going
    Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.
  10. Empaty
    Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

Nah, bagaimana? Apakah sikap-sikap tersebut sudah ada dalam diri sahabat? Saya harap jawabannya adalah iya. Karena dengan itu kita akan bisa menjalani kehidupan dengan baik. Meskipun itu dalam keadaan sesulit apapun. Dan mari kita bersama-sama menanamkan sikap-sikap mulia tersebut dalam diri kita mulai saat ini. Salam!!


Referansi :
Gambar : *http://reenabilbinaa.blogspot.com
Artikel : *http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2614835

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

29 comments:

edd k mengatakan...

nice posting :D.. jd bs intropeksi dri k arah yg positif :o

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met lebaran ya.maaf lahir dan batin.

Rizky2009 mengatakan...

masih jarang di temuin saat ini orang yang bener2 tulus mau membantu

naruto shippuden video last episode mengatakan...

nice posting gan.....,
salam kenal..
oh ya.., tinggal di bali yach...?

BeDa mengatakan...

Sepuluh hal yang disebutkan di atas adalah perangai positif yang perlu dimiliki oleh setiap muslim. Berangkat dari ketulusan, sincere, ikhlas. Semoga kita dimudahkan-Nya

Salam ukhuwah

Tihang karas mengatakan...

posting yg sangat bermanfaat dan cukup sulit untuk mencapainya, namun dengan seiring waktu mudah2an kita bs mengarah kesana.

tomo mengatakan...

sikap tulus dan ikhlas kebanyakan sulit diterapkan kawand

John Terro mengatakan...

boleh juga tuh ... :D

anak smp katro mengatakan...

kulitas pribadi yang baik memang dambaan setiap insan, semoga kita dapat mencoba untuk memperbaikinya di hari yang akan datang, great motivation, makasih :)

apakabar bli yan? lama banget tak mampir kesini, maaf ane baru o.l lagi :)

Reza Saputra mengatakan...

wah bisa jadi manusia tingkat atas bila dilakukan semuanya...

faijal mengatakan...

good info...sob,,

Bejo mengatakan...

wah wah

butuh introspeksi dirie
human paling tertarik dengan kerendahan hati, berempati, dan selalu menghindari fitnah

tapi human punya satu masalah: orang sering sungkan kepada kita jika kita berbuat baik kecuali orang yang tak punya hati. bagaimana menurutmu?

salam human. hahaha

Puguh Prasetyo mengatakan...

plus sabar kali yah bro, hehehe...

chuckySharpeye mengatakan...

wadow booss!! kalo aku sendiri ngerasa blm d, tp jgn di marahin yach :-c :|

tapi harus di coba semuanyaaa...,, :)) n tetep semangat aja :@

manteb bli, baca ney jadi semangat lagi :-n

TUKANG CoLoNG mengatakan...

Kok kayaknya susah ya...x(

bliyanbayem mengatakan...

@all : thanks buat komen dan kunjungannya. saya juga masih belajar untuk bisa meningkatkan kualitas diri...

Izel Rismi mengatakan...

aq akan mencoba menerap kan sikap2 itu...Mksh dah berkunjung ke tmpt ku..Lam knl.Oia q izin memfollow blog ini ya

o0z mengatakan...

menjadi pribadi yang bagus memang harus begitu yah kang, tapi sulit banget yah, kalau bisa semua itu terlaksana, wah pasti sangat bijak sana kita.

Salam kenal, Izin FOLLOW yah, blog nya bagus-bagus artikelnya.
♫Salam Blogger♫

Sungkowoastro mengatakan...

Kunjungan balik, mas.
Betapa sulitnya mencari sosok yang memiliki kualitas hidup (pribadi)dengan tanda-tanda serupa itu di Indonesia.
Salam kekerabatan.

Bang NgangaN mengatakan...

"posting yang mencerahkan",bener banget mari kita mulai dari sekarang. kalau tidak sekarang kapan lagi, begitu orang bijak sering berujar.

riesta mengatakan...

makasih share nya...
bisa mengajarkan buat yang baca untuk jadi orang yg lebih baik...

four dreams mengatakan...

setuju banget sob :D

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

sungguh... 10 sifat yang amat baik dan mengagumkan mas... semoga kita mampu mencapainya...

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

mempunyai pribadi yang baik dan berkualitas memang menjadi kebangaan tersendiri, hmm...semoga kita termasuk didalamnya

Sukses Slalu!

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

beberapa sikap ak belum bisa :p
tp akan berusaha untuk bisa agar bs menjadi manusia yg berkualitas baik

honda tiger mengatakan...

wah-wah bisa belajar banyak disini :D

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

benar sekali..!:s

bliyanbayem mengatakan...

@ALL : makasi untuk kunjungannya dan juga komen-komennya. Salam hangat dari saya.. blogger anak ndeso. hehehehhe.....! :-k :-k

Jane mengatakan...

kayanya itu adalah gambaran pribadi yang sempurna yaa

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.