Insomnia, Tamu Tengah Malam

Oktober 06, 2010

insomnia.jpg
Dulu saya pernah bercerita saat saya terserang Insomnia. Memang saya kadang-kadang di datangi teman malam yang satu itu. Susah tidur alias insomnia. Dan tentu saja kalo sudah datang bertamau, teman yang satu ini bikin jengkel. Bagaimana tidak, lah sudah larut malam tapi dianya tidak kunjung-kunjung pulang. Jadinya saya tidak bisa tidur. Mau di usir, tapi bagaimana caranya. Bukannya mau pergi, eh malah menjadi-jadi. Besok saya mesti kerja lagi. ah... bikin pusing.

Beberapa malam yang lalu, dia datang lagi. Dan akibatnya ya saya mesti menemaninya sampai jam 2 malam. Buset dah. Apa tidak ada obatnya ya? Kalau pakai obat tidur, saya takut jadi ketergantungan. Nanya mbah google ah. Jadi ketemu artikel yang bagus buat mengatasi tamu malam yang satu ini. Lumayan buat mengatasi susah tidur ini. Siapa tahu ada sahabat yang senasib dengan saya. Jadi share di sini aja ya.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia.

  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.
  3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.
  10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
  11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Tips yang sangat bermanfaat buat mengatasi masalah susah tidur. Tapi kalo saya sih masih punya satu jurus pemungkas. Makan... makan... makan... kalao perut kenyang pasti jadi ngantuk. Tapi masalahnya, selarut itu dimana nyari makan? Gubrak!


Referensi :
*Info : http://www.blogdokter.net/2008/07/23/tips-mengatasi-susah-tidur-insomnia/
*Gambar : http://basiloe.co.cc

Artikel Terkait Dengan Kategori :



Share this article on :

7 comments:

ReBorn mengatakan...

kalo gw nonton pelem yang ngebosenin. pasti ngantuk. ghehehe.

volver mengatakan...

sepertinya saya udah kena penyakit ini huaaa susah bangun buat kuliah deh

Bejo mengatakan...

semoga saja human tak didatangi tamu tengah malam

salam human. hahaha

Gaphe mengatakan...

hehehe.. saya sih menerapkan mandi air anget. Bikin rilex soalnya.. makin cepet ngantuk. Eniwei, ada award ditengok yaa.

four dreams mengatakan...

wah boleh nih aku ambil ya tipsnya :D

Ladida mengatakan...

untungnya saya jarang kena insom :-k

btw makasii infonya kawan 8-|

adetruna mengatakan...

kalo aku baca asmaul husna, ato doa mau tidur....

==Salam kenal, CHEERS!==

Posting Komentar

Silakan bagi sahabat yang ingin berkomentar, memberi kritik, dan saran sebagai apresiasi dalam tulisan ini. Saya pribadi sangat menghargai dan menghormati apapun bentuk apresiasi yang sahabat berikan. Terima kasih!!

 
© Copyright 2009-2011 bliyanbayem All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.